lagu

http://www.woo55.com/adata/8940/Moves%20Like%20Jagger%20Maroon%205%20(www.SongsLover.com).mp3

Rabu, 17 Oktober 2012

Konsep Siklus Hidup Produk Kritik


Konsep siklus hidup produk (PCL) sangat membantu menginterprestasikan dinamika produk dan pasar. Ia dapat digunakan untuk perencanaan dan pengendalian, walaupun sebagai alat peramalan kurang bermanfaat. Teori siklus hidup poroduk juga mendapat banyak kritik. Para penyidik menyatakan bahwa pola siklus hidup terlalu berbeda-beda bentuk dan durasinya. Siklus hidup produk tidak memiliki sesuatu yang dimiliki organism hidup, yaitu urutan tahap-tahap yang tetap dan lama tiap tahap yang  juga tetap. Para pengeritik juga menuduh para pemasar jarang dapat mengetahui di tahap apa produk tertentu sedang berada. Produk itu mungkin kelihatan lebih dewasa, padahal sebenarnya baru mencapai masa mendatar menjelang terjadinya kenaikan lain. Mereka juga menuduh pola siklus hidup produk merupakan hasil strategi prmasaran, bukan tindakan penjualan yang tak terelakkan yang harus diikuti:
Andaikan mereka tertentu diterima oleh para konsumen, tetapi mengalami nasib buruk beberapa tahun karena factor-faktor lain misalnya, ilkan yang buruk, tersisihkan oleh rantai bisbis  besar, atau masuknya produk singan “pengekor” yang didukung oleh pembagian sampel secara besar-besaran. Bukannya memikirkan langkah perbaikan, manajemen mulai merasa bahwa produknya mengalami kemunduran. Oleh karena itu, manajemen menarik dana dari anggaran promosi untuk membiayai litbang produk-produk baru. Tahun berikutnya, merek tersebut semakin memburuk dan kepanikan meningkat jelas, siklus hidup produk merupakan variable dependen yang ditentukan oleh tindakan pemasaran ; siklus hidup produk bukanlah variable independen yang menjadi dasar pengadaptasian program pemasaran perusahaan.
Ikhtisar,karakteristik,tujuan,dan strategi siklus hidup produk.

perkenalan
pertumbuhan
kedewasaan
penurunan
Karakteristik
Penjualan
Penjualan rendah
Penjualan meningkat dengan cepat
Puncak penjualan
Penjualan menurun
Biaya
Biaya per pelanggan yang tinggi
Biaya Rata-rata per pelanggan
Biaya per pelanggan yang rendah
Biaya per pelanggan yang rendah
Laba
Negatif
Laba meningkat
Laba tinggi
Laba rendah
Pelanggan
Inovator
Pemakai awal
Mayoritas tengah
Pemakai terlambat
Tujuan pemasaran

Menciptakan kesadaran keinginan mencoba produk
Memaksimumkan pangsa pasar
Memaksimumkan laba sambil mempertahankan pangsa pasar
Mengurangi pengeluaran dan melakukann pemerahan merek
Strategi
Produk
Tawarkan produk dasar
Tawarkan perluasan produk,pelayanan,jaminan
Diversifikasi merek dan model
Lepas jenis produk yang lemah
Harga
Kenaikan biaya plus
Harga untuk menembus pasar
Harga yang sama atau lebih baik daripada pesaing
Turunkan harga
Distribusi
Bangun distribusi yang efektif
Bangun distribusi yang intensif
Bangun lebih banyak  distribusi yang intensif
Bersikaf selektif: lepas took yang tidak menguntungkan
Pengiklanan
Bangun kesadaran produk diantara pemakai awal dan penyalur
Bangun kesadaran dan minat di pasar massal
Tekankan perbedaan dan manfaat merek
Kurangi sampai tingkat yang diperlukan untuk mempertahankan pemakai setia
Promosi Penjualan
Gunakan banyak promosi penjualan untuk menarik pencoba
Kurangi keuntungan dari besarnya permintaan konsumen
Tingkatkan unyuk peralihan merek
Kurangi sampai tingkat minimum








Evolusi Pasar
Karena siklus hidup produk berfokus pada apa yang sedang terjadi pada produk atau  merek tertentu-bukan pada apa yang terjadi di pasar keseluruhan maka siklus produk menghasilkan gambaran yang berorientasi produk, bukan  gambaran yang berorientasikan pasar. Perusahaan-perusahaan perlu memvisualisasikan jalur evolusi pasar, karena jalur itu dipengaruhi oleh kebutuhan,pesaing,teknologi,saluran distribusi baru, dan perkembangan-perkembangan lain.
Selama perjalanan keberadaan produk atau merek, penetapan posisinya harus diubah agar tetap sejalan dengan perkembangan pasar.

1 komentar:

  1. Slot Machine Strategy | DMC
    Slot Machine Strategy by DrmCD. Learn 태백 출장마사지 how to play casino slot machines 여수 출장안마 online 제주 출장마사지 and practice your casino slots strategy. Learn how to 군포 출장안마 master the 익산 출장마사지 game of casino slots

    BalasHapus