Konsep siklus hidup produk (PCL) sangat membantu
menginterprestasikan dinamika produk dan pasar. Ia dapat digunakan untuk
perencanaan dan pengendalian, walaupun sebagai alat peramalan kurang
bermanfaat. Teori siklus hidup poroduk juga mendapat banyak kritik. Para
penyidik menyatakan bahwa pola siklus hidup terlalu berbeda-beda bentuk dan
durasinya. Siklus hidup produk tidak memiliki sesuatu yang dimiliki organism
hidup, yaitu urutan tahap-tahap yang tetap dan lama tiap tahap yang juga tetap. Para pengeritik juga menuduh para
pemasar jarang dapat mengetahui di tahap apa produk tertentu sedang berada. Produk
itu mungkin kelihatan lebih dewasa, padahal sebenarnya baru mencapai masa
mendatar menjelang terjadinya kenaikan lain. Mereka juga menuduh pola siklus
hidup produk merupakan hasil strategi prmasaran, bukan tindakan penjualan yang
tak terelakkan yang harus diikuti:
Andaikan mereka tertentu diterima oleh para
konsumen, tetapi mengalami nasib buruk beberapa tahun karena factor-faktor lain
misalnya, ilkan yang buruk, tersisihkan oleh rantai bisbis besar, atau masuknya produk singan “pengekor”
yang didukung oleh pembagian sampel secara besar-besaran. Bukannya memikirkan
langkah perbaikan, manajemen mulai merasa bahwa produknya mengalami kemunduran.
Oleh karena itu, manajemen menarik dana dari anggaran promosi untuk membiayai
litbang produk-produk baru. Tahun berikutnya, merek tersebut semakin memburuk
dan kepanikan meningkat jelas, siklus hidup produk merupakan variable dependen
yang ditentukan oleh tindakan pemasaran ; siklus hidup produk bukanlah variable
independen yang menjadi dasar pengadaptasian program pemasaran perusahaan.
Ikhtisar,karakteristik,tujuan,dan strategi siklus
hidup produk.
|
perkenalan
|
pertumbuhan
|
kedewasaan
|
penurunan
|
||
Karakteristik
|
||||||
Penjualan
|
Penjualan
rendah
|
Penjualan
meningkat dengan cepat
|
Puncak
penjualan
|
Penjualan
menurun
|
||
Biaya
|
Biaya
per pelanggan yang tinggi
|
Biaya
Rata-rata per pelanggan
|
Biaya
per pelanggan yang rendah
|
Biaya
per pelanggan yang rendah
|
||
Laba
|
Negatif
|
Laba
meningkat
|
Laba
tinggi
|
Laba
rendah
|
||
Pelanggan
|
Inovator
|
Pemakai
awal
|
Mayoritas
tengah
|
Pemakai
terlambat
|
||
Tujuan
pemasaran
|
||||||
|
Menciptakan
kesadaran keinginan mencoba produk
|
Memaksimumkan
pangsa pasar
|
Memaksimumkan
laba sambil mempertahankan pangsa pasar
|
Mengurangi
pengeluaran dan melakukann pemerahan merek
|
||
Strategi
|
||||||
Produk
|
Tawarkan
produk dasar
|
Tawarkan
perluasan produk,pelayanan,jaminan
|
Diversifikasi
merek dan model
|
Lepas
jenis produk yang lemah
|
||
Harga
|
Kenaikan
biaya plus
|
Harga
untuk menembus pasar
|
Harga
yang sama atau lebih baik daripada pesaing
|
Turunkan
harga
|
||
Distribusi
|
Bangun
distribusi yang efektif
|
Bangun
distribusi yang intensif
|
Bangun
lebih banyak distribusi yang intensif
|
Bersikaf
selektif: lepas took yang tidak menguntungkan
|
||
Pengiklanan
|
Bangun
kesadaran produk diantara pemakai awal dan penyalur
|
Bangun
kesadaran dan minat di pasar massal
|
Tekankan
perbedaan dan manfaat merek
|
Kurangi
sampai tingkat yang diperlukan untuk mempertahankan pemakai setia
|
||
Promosi
Penjualan
|
Gunakan
banyak promosi penjualan untuk menarik pencoba
|
Kurangi
keuntungan dari besarnya permintaan konsumen
|
Tingkatkan
unyuk peralihan merek
|
Kurangi
sampai tingkat minimum
|
||
Evolusi
Pasar
Karena siklus hidup produk berfokus pada apa yang
sedang terjadi pada produk atau merek
tertentu-bukan pada apa yang terjadi di pasar keseluruhan maka siklus produk
menghasilkan gambaran yang berorientasi produk, bukan gambaran yang berorientasikan pasar.
Perusahaan-perusahaan perlu memvisualisasikan jalur evolusi pasar, karena jalur
itu dipengaruhi oleh kebutuhan,pesaing,teknologi,saluran distribusi baru, dan
perkembangan-perkembangan lain.
Selama perjalanan keberadaan produk atau merek,
penetapan posisinya harus diubah agar tetap sejalan dengan perkembangan pasar.
Slot Machine Strategy | DMC
BalasHapusSlot Machine Strategy by DrmCD. Learn 태백 출장마사지 how to play casino slot machines 여수 출장안마 online 제주 출장마사지 and practice your casino slots strategy. Learn how to 군포 출장안마 master the 익산 출장마사지 game of casino slots